Gamang

Arti sebenarnya kata ‘gamang’ menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) adalah perasaan takut, ngeri serta khawatir ketika kita berada di tempat yang tinggi dan melihat ke bawah. Atau tidak mampu berdiri dengan stabil. Misalnya:

  1. Amir berdiri dengan gamang di atas balkon lantai 2 rumahnya.
  2. Saat pertama kali melintasi jembatan gantung di atas jurang yang dalamnya ratusan meter … saya merasa sangat gamang.
  3. Sudah seminggu ini saya sakit …. perut terasa mual, kepala berdenyut, lemas, dan untuk berdiri saja rasanya gamang.

Namun pada prakteknya kata ‘gamang’ sering juga digunakan dalam konteks yang berbeda terutama dalam berita-berita resmi di media masa. Perhatikanlah contoh berikut ini:

17/12/08 05:19
Gubernur BI: Gamang Mengambil Keputusan Berakibat Fatal
Jakarta (ANTARA News) – Gamang mengambil keputusan dalam situasi yang potensi dampak buruk krisisnya sangat besar akan berakibat fatal terhadap perekonomian nasional, kata Gubernur Bank Indonesia Boediono saat menjelaskan tiga Perpu berkaitan krisis bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan Rudjito di Jakarta, tadi malam.

Kata ‘gamang’ disini menggambarkan ketidak beranian dalam mengambil keputusan pada saat dihadapkan pada masalah yang besar.

10/12/2008 06:52 WIB
Rally di Wall Street Terhenti
New York(Nurul Qomariyah – detikFinance) – Perdagangan saham berjalan cukup gamang, dan investor sudah mendapatkan peringatan akan terjadi profit taking setelah penguatan selama 2 hari berturut-turut. Nasdaq bahkan sempat menguat 1%, sebelum akhirnya berbalik arah.

Dalam konteks di atasa kata ‘gamang’ menggambarkan suasana yang tidak pasti, tidak jelas, penuh keraguan dalam perdagangan saham.

http://www.ayahbunda.co.id/

Psikologi Kelahiran: Mandiri Tanpa Si Calon Ayah
Jakarta (Ayahbunda) – Menanti kelahiran si kecil memang merupakan salah satu momen spesial dalam hidup. Namun bagaimana kalau suami tak dapat mendampingi Anda melewati saat istimewa ini karena harus bertugas di luar kota atau luar negeri untuk sementara waktu? Mungkin akan ada suatu saat dimana Anda merasa gamang dengan ketidakhadiran suami. Isi kekosongan itu dan bagi kekhawatiran yang Anda rasakan. Kakak, sepupu, dan teman yang telah memiliki anak, adalah teman berbagi yang tepat.

Kata ‘gamang’ juga dapat digunakan untuk melukiskan perasaan sunyi, lengang atau kesepian karena ditinggalkan oleh seseorang yang kita cintai.

Sebagian besar orang Indonesia masih sangat gamang menggunakan berbagai perangkat lunak-perangkat lunak komputer yang masih memakai antarmuka (interface) berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Namun seorang teman saya mengatakan dia justru merasa gamang jika harus bekerja dengan aplikasi komputer yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jadi, siapa yang seharusnya merasa gamang?

About author
The founder of BahasaKita. A cross-cultural business strategist, a trainer and a consultant, she has been invited to speak for multinational companies, government and non-government organisations in Australia and Indonesia. A graduate from Faculty of Economy, University of Indonesia, she is also a marketing professional. She develops a Cross Cultural Game - Diversophy , the powerful tool for teaching and training needed to deal successfully with people of other backgrounds.

BahasaKita © 2014 All Rights Reserved

A Wieke Gur Production